SMS menyesatkan

Oleh Freddy Setyawan

BARU-BARU ini para pengguna ponsel dibuat panik. Biangnya adalah sebuah SMS yang mengimbau pengguna mematikan ponselnya pada periode tertentu untuk menghindari bahaya radiasi yang akan timbul.
Apalagi isi pesan singkat itu mencatut nama sebuah stasiun televisi nasional sebagai sumber, yang tentu saja hanyalah bohong belaka dengan tujuan meyakinkan pengguna bahwa informasi tersebut dapat dipercaya.
Selain SMS mengenai radiasi, ada satu SMS lagi yang cukup menghebohkan, yaitu yang berisi tudingan miring kepada Axis, sebuah operator seluler baru di Indonesia. Pesan tersebut mengimbau pengguna untuk menghindari Axis karena dianggap kartu setan.
Di akhir pesan juga ditambahkan permintaan untuk menyelamatkan jiwa teman-teman dengan mengirimkan pesan tersebut agar para teman mengetahuinya sehingga jiwanya dapat diselamatkan.
Sebagai operator baru, Axis bagaikan mendapatkan buah simalakama ketika diterpa tudingan miring itu. Di satu sisi, tudingan tersebut bisa menjatuhkan nilai operator baru itu di masyarakat. Di sisi lain, hal itu dapat menjadi sebuah promosi bagi Axis karena masyarakat yang semula tidak mengenal jadi tahu.
Selain hadir dengan informasi yang meresahkan, SMS kabar bohong (hoax) ini juga terkadang hadir dengan informasi yang terlihat menyenangkan dengan membuat pesan seakan-akan suatu operator sedang berulang tahun, dan untuk merayakannya operator tersebut akan membagi-bagikan pulsa dengan nominal tertentu jika pengguna mengirimkan kembali pesan tersebut dalam jumlah tertentu.
Blog Berita Hoax
Karena begitu banyaknya variasi pesan hoax yang tersebar, sampai-sampai ada sebuah blog yang secara khusus berisi tentang berita-berita yang masuk dalam kategori hoax di Indonesia. Anda dapat mengakses blog tersebut pada alamat http://hoaxindo.blogspot.com.
SMS dengan modus seperti ini juga biasanya disebut sebagai SMS berantai karena biasanya di akhir informasi disisipkan kata-kata tambahan untuk mengirim kembali pesan tersebut kepada penguna lain. Jika setiap penerima kemudian mengirimkannya kembali, maka mata rantai tersebut akan terus berjalan.
Disebut hoax karena SMS ini menyampaikan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dengan bahasan yang sekiranya dapat menarik minat penerima pesan untuk memberi merespon isi pesan tersebut.
Bagi sebagian masyarakat, hal tersebut bukanlah sesuatu yang baru karena pesan semacam ini sebenarnya telah ada sejak dahulu. Hanya saja bentuk dan medianya selalu berubah mengikuti perkembangan zaman.
Melihat sejarahnya, pada masa lalu pesan berantai semacam ini kali pertama menyebar dengan menggunakan media secarik kertas fotokopi yang dimasukkan ke dalam rumah-rumah secara langsung. Seiring dengan kemajuan teknologi, pesan-pesan tersebut kini lebih sering disebarkan lewat ponsel dan jaringan internet, baik melalui email, forum, maupun sarana online lainnya.
Walau sebenarnya merupakan jebakan yang sama, pesan-pesan SMS semacam ini masih banyak dipercaya masyarakat sehingga menimbulkan efek berantai. Padahal kalau dipikir dengan seksama, menuruti pesan tersebut hanya akan merugikan diri sendiri.
Bayangkan saja berapa pulsa yang harus terpotong dari ponsel kita jika kita mengirimkan SMS tersebut ke beberapa teman. Maka, jika Anda mendapat SMS semacam ini, alangkah baiknya tidak usah ditanggapi sehingga mata rantai tersebut akan terputus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: