Cara Mengatasi Sulit Tidur

Manusia menggunakan 1/3 hidupnya untuk melakukan hal ini. sesorang yang sangat capai akan mudah sekali melakukan ini. Yha, tentu saja ini adalah tidur. Sesorang yang karena kurang tidur bahkan bisa saja tidur disaat dia ada dalam kegiatannya. Misalnya, ada seorang teman saya yang bisa-bisanya tidur saat berada di jam pelajaran di sekolah. Mungkin dia kecapaian yha semalam. Itulah yang terjadi bila kekurangan tidur.

Tidur sebenarnya adalah kebuthan bagi setiap manusia, bahkan hewan pun juga perlu tidur. Lihat saja ikan, walaupun dia matanya tidak seperti tidur, sebenarnya sang ikan itu juga tidur dimalam hari. Kebutuhan manusia dalam tidur pun berbeda-beda. Rata-rata seseorang membutuhkan 7-8jam untuk tidur dalam sehari. Bayi butuh waktu lebih banyak yaitu 16-20 jam sehari. Sedangkan anak-anak 10-12 jam.

Tidur yang kurang dan berlebihan ada dampak negatifnya. Sesuatu, apapun itu, jika berlebihan atau berkekurangan, maka akan berdampak negatif. Lebih baik hidup itu yang sedang-sedang saja. Menurut peneletian yang pernah saya baca, seorang dewasa yang tidurnya yang kurang dari 6 jam akan menyebabkan obesitas / kegemukan dan juga cenderung malas untuk melakukan sesuatu. Begitu pula dengan seseorang yang tidurnya lebih dari 8 jam sehari.

Penyebab Gangguan Tidur:

1.Tidak aktif

2.Banyak makan sebelum tidur

3.Lingkungan yang mengganggu, suhu panas, cahaya terang, dan bunyi keras.

4.Olahraga berat sebelum tidur

5.Stress, takut, gelisah

6.Penyakit (asma)

7.Lingkungan baru

8.Pengaruh kopi, teh, dan minuman bersoda.

Cara Mengatasi Ganguan Tidur:

1.Olahraga secara teratur

2.Jangan bawa masalah ketika mau tidur

3.Jangan terlalu banyak makan di sore hari

4.Tidurlah dengan teratur dan bangun pada jam yang sama

5.Usahakan kamar tidur rapi dan menyenangkan

6.Cukup ventilasi dan kurangi penggunaan AC

7.Pakailah baju tidur yang longgar dan nyaman

8.Minumlah segelas susu sebelum tidur

Jangan lupa gosok gigi dan cuci kaki sebelum tidur.

Selamat Tidur.

2 Tanggapan to “Cara Mengatasi Sulit Tidur”

  1. saya kalau tidur itu susah sekali bangunnya,kepala kyaknya berat bget kalau bgun tidur.and bawaanya jg malaz kerja apa itu krn saya sering tidur malam ya????

  2. Yha coba lah di atur tidur itu sehari minimal 8 jam. Emang sibuk terus yha, sampai-sampai harus tidur selarut itu ? Keliatannya kamu terlalu capek itu,,,…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: